Kliping Cabang Olah Raga Sea Games ~ Galery Dimensi

23 September 2013

Kliping Cabang Olah Raga Sea Games

Sepak Bola

clip_image002

Sepak bola Sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang.Olahraga ini sangat terkenal dan dimainkan di 200 negara.Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit berukuran 27-28 inci.Lapangan yang digunakan dalam permainan ini memiliki lebar 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.

 

Bulu Tangkis

clip_image004

Bulu tangkis Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

 

Voli

clip_image006

Voli  Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball)sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

 

Atletik

clip_image008

Atletik  Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

 

Renang

clip_image010

Akuatik   Cabang olahraga Akuatik di antaranya adalah renang,  loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia. Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

 

Karate

clip_image012

Mantan karateka nasional Tommy Firman menyatakan saat ini merupakan momen kebangkit cabang olahraga karate setelah mereka berbuat yang terbaik dalam SEA Games XXV yang sedang berlangsung.
"Ini harus menjadi momen kebangkitan prestasi atlet karate Indonesia. Tetapi untuk bangkit itu tidak harus menunggu menjadi tuan rumah. Keberhasilan ini harus terus dipertahankan pada saat SEA Games berikutnya di negeri orang," kata mantan atlet karateka, Tommy Firman, yang kini sebagai anggota DPR RI dan tetap mengamati perkembangan karate nasional.
Untuk itu, ia berharap dukungan pemerintah harus konsisten terhadap pembinaan dan penyediaan sarana dan prasarana agar regenerasi dan persiapan atlet dapat terus dilakukan secara berkesinambungan.
"Dukungan dari pemerintah harus konsisten dan jangan berfluktuasi. Kesinambungan dukungan yang nyata itu akan memberikan semangat dan harapan yang luar biasa bagi sukses atlet meraih prestasi seperti apa yang telah dipersembahkan cabang karate," ujarnya.
Tommy yang juga anggota DPR RI sangat mengapresiasi perjuangan keras yang dilakukan Umar Syarif dan kawan-kawan dalam mengembalikan citra kedigdayaan karate Indonesia yang pernah terukir pada masa lalu.
Hingga menjelang penutupan laga karate SEA Games XXVI, tim kumite beregu putra Indonesia berhasil menambah perolehan medali setelah dua hari sebelumnya mengemas delapan medali emas.
Delapan medali emas sebelumnya adalah dari kata perorangan putra (Faizal Zainuddin), kata perorangan putri (Flenty Enoch), kata beregu putra-putri, kelas +84 kilogram putra (Umar Syarif), kelas -60 kilogram kumite putra (Donny Dharmawan), -67 kilogram kumite putra (Jintar Simanjuntak) dan -68 kilogram kumite putri atas nama Yolanda Asmuruf.
Tommy pernah ikut berjuang ketika mengantarkan kontingen Indonesia tampil sebagai juara umum pada SEA Games 1997 di Jakarta dan ketika itu ia menyumbangkan dua medali emas.
"Tetapi setelah 1997 itu tak ada lagi prestasi tinggi dari karate. Paling-paling hanya mendapat tiga-empat medali emas. Bagaimana pun pembinaan harus tetap berjalan dan saya merasa sangat optimis melihat apa yang dilakukan oleh PB Forki ke depan," ujarnya.

 

Dayung

clip_image014

Indonesia membidik tiga emas pada cabang olahraga dayung dari nomor rowing, yang mulai diperlombakan Senin (14/11), setelah mengukir prestasi di nomor canoeing dengan meraih enam medali emas.
"Target kita dapat tiga medali emas dari rowing," ujar Ketua Umum PB-PODSI Achmad Sutjipto, di Danau Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu.
Enam medali emas SEA Games 2011 disapu tim dayung Indonesia dari nomor canoeing, dan dua emas di antaranya diraih pada final Minggu siang, di Cipule.
Sutjipto menyatakan optimistis tiga emas diraih tim rowing Indonesia, sekalipun harus berusaha keras menghadapi pesaing-pesaing berat. Ia mengatakan bahwa Filipina dan Singapura, juga mengklaim akan memboyong emas di nomor perlombaan dayung bergengsi itu.
"Filipina dan Singapura juga punya target emas, tapi kita optimistis," katanya.
Ia juga mengaku bangga dengan prestasi yang telah dibuktikan para pedayung canoeing, dengan meraih enam medali emas di SEA Games sekarang ini.
"Target kita d nomor canoeing dapat lima emas, yang ternyata lebih. Saya bangga," katanya.
Ketua Umum PB-PODSI juga menyatakan optimistis target perolehan medali emas dayung Indonesia akan dicapai di nomor perahu naga.
"Dari nomor perahu naga kita targetkan dapat enam emas," katanya.
Perlombaan perahu naga akan berlangsung di penghujung lomba atau sesudah perlombaan rowing

 

Tenis Meja

clip_image016

JAKARTA - Dua dari lima emas akan diperebutkan cabang olah raga tenis meja, pada SEA Games XXVI 2011, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Rabu (16/11/2011). Dua nomor tersebut akan diperebutkan di nomor tunggal putra dan tunggal putri.

Tim tenis meja dari Indonesia pada dua nomor tersebut masih bertahan, ketika ketiga nomor sebelumnya terpaksa harus diraih Singapura, dengan menyapu bersih seluruhnya.

Dua nomor yang akan bertarung pada nomor tunggal putri Indonesia adalah Cristine Ferliana, sementara. Ficky Supit Santoso ada di nomor tunggal putra.

Dominasi Tim Singapura memang masih belum terbendung hingga perebutan medali keempat dan kelima yang akan dipertarungkan mulai siang ini. Dua nomor yang tersisa, Singapura pun menyumbangkan masing-masing dua atletnya untuk bertarung di semifinal, dengan tim tuan rumah Indonesia dan Vietnam

Akan tetapi Indonesia yang berjanji akan memberikan kejutan beserta suport yang tak henti-henti diberikan pendukung kepada tim tenis meja Indonesia, menjadi suatu asa agar sisa dua medali bisa jatuh kepangkuan Indonesia.

Seperti apa yang diutarakan, pelatih tenis meja putri, Rossi Pertiwi, kepada tribunnews, kemarin. Ia mengharapkan dukungannya kepada semua pihak agar Indonesia mampu meraih medali.

Basket

clip_image018

Tim nasional Bola Basket Putra Indonesia meraih kemenangan meyakinkan atas lawannya, Myanmar, di laga pertama babak penyisihan Grup B SEA Games XXVI. Amin Prihantono dan kawan-kawan mengalahkan menang cukup telak, 84-45, dalam laga di Britama Arena Sports Mall, Kelapa Gading, Jakarta, Senin 14 November 2011.

Timnas Indonesia langsung tampil percaya diri di kuarter pertama dan menunjukkan permainan impresif. Kuarter ini ditutup dengan keunggulan Indonesia, 23-15.

Memasuki kuarter 2, tim Merah Putih tampak berusaha mempertahankan keunggulan dengan tidak memberikan peluang bagi lawan untuk mencetak poin. Di kuarter kedua ini, Indonesia semakin jauh meninggalkan Myanmar, 43-26.

Di dua kuarter terakhir, Indonesia semakin mendominasi laga. Skuad Myanmar yang diperkuat oleh 5 pemain naturalisasi asal Cina tampak tidak berdaya keluar dari tekanan kubu tuan rumah. Alhasil, laga ditutup dengan kemenangan telak timnas Indonesia, 84-45.

Sementara itu, di laga penyisihan Grup B lainnya, Malaysia mampu menghentikan perlawanan Singapura dengan skor 67-59. Sebenarnya pertandingan berlangsung cukup ketat hingga kuarter kedua dengan raihan skor identik, 31-31. Namun, Malaysia mampu memaksakan kemenangan dan menutup laga dengan skor 67-59.

 

Taekwondo

clip_image020

Dua taekwondoin Indonesia, Fransisca Valentina dan Basuki Nugroho berhasil menyabet medali emas Taekwondo SEA Games XXVI yang berlangsung di Gedung Olahraga POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Senin 14 November 2011. Dari lima medali emas yang diperebutkan hari ini, Indonesia yang turun di empat kategori nomor, mendapat dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu.
Dua tambahan medali emas untuk kontingen Indonesia tersebut disumbangkan Fransisca Valentina yang turun di nomor -46 kg putri, dan Basuki Nugroho yang turun di nomor -87 kg putra. Sedangkan satu medali perak yang didapat hari ini, diraih Siska Permata Sari yang turun di nomor -53 kg putri. Tambahan medali perunggu disumbangkan Ahmad Nabil M Faqih yang turun di nomor -54 kg putra.
Dengan tambahan dua emas, satu perak, dan satu perunggu tersebut, hingga hari ketiga penyelenggaraan Taekwondo, kontingen Indonesia telah berhasil mengumpulkan 5 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu.
Di babak final, Fransisca Valentina yang turun di nomor -46 kg putri bertemu dengan taekwondoin Malaysia, Nurul Asfahlina. Fransisca yang sebelumnya sempat bertemu dan mengalahkan Nurul di ajang Asian Games 2010 terlihat tidak begitu kesulitan mengatasi lawan yang sudah dikenalnya itu. Fransiska menang dengan skor 8-2.
Sementara itu, Basuki Nugroho yang turun di nomor -87 kg putra harus beberapa kali mendapat perawatan medis sebelum mengandaskan taekwondoin Filipina, Jose Anthony Soriano dengan skor 7-2. Basuki yang kali kedua mendapatkan emas di ajang SEA Games tersebut mengatakan, medali emas yang diraihnya hari ini merupakan medali terakhirnya di ajang pesta olahraga dua tahunan tersebut.
Dua taekwondoin lainnya, Siska Permata Sari yang turun di nomor -53 kg putri dan Ahmad Nabil M Faqih yang turun di nomor -54 kg putra harus mengakui keunggulan atlet-atlet Thailand yang menjadi lawan-lawannya. Siska dikalahkan Sarita Phongsri di babak final, sementara Nabil harus tersingkir di semifinal saat bertemu Chutcawal Khawlaor yang merupakan juara dunia WTF Championship 2011.

 

Menembak

clip_image022

Cabang menembak sumbang emas kedua bagi Indonesia di ajang SEA Games 2011. Emas itu datang melalui Maharani Ardy dari nomor 50 meter rifle prone putri, Senin 14 November 2011.
Dengan total 593 poin dari 100 usaha tembakan, Maharani sukses menyabet emas. Ia mengalahkan atlet Thailand, Pichitkanjanakul Vitchuda yang mengoleksi 592 poin.
"Emas ini paling spesial karena di ajang SEA Games. Untuk Asia Tenggara memang ada turnamen khusus menembak, cuma SEA Games ini lebih bergengsi," ujar Maharani yang tidak bisa menahan air mata seusai pertandingan.
Medali perunggu jatuh ke tangan atlet Malaysia, Zulkifli Muslifah dengan total poin 587. Sedangkan atlet senior Indonesia, Erlinawati yang memenangkan emas pada nomor yang sama di SEA Games 2009, hanya mampu menduduki posisi 6 dengan 586 poin. Sedangkan Maharani pada SEA Games 2009 lalu hanya meraih medali perunggu dari nomor 50 meter rifle prone putri beregu.
Ini merupakan emas kedua dari cabang menembak. Sebelumnya, penembak putra Anang Yulianto berhasil menyabet emas dari nomor 25 meter standard pistol.

 

Angkat Besi

clip_image024

Angkat Besi menjadi cabang wajib di berbagai turnamen antarbangsa, tak terkecuali pada ajang SEA Games XXVI 2011. Sebanyak 14 medali emas diperebutkan pada cabang yang dikategorikan sebagai olahraga terukur (measured sports) ini. Angkat Besi akan digelar di Kompleks Olahraga Dempo Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, 17-21 November 2011.

 

Judo

clip_image026

Judo adalah seni bela diri, olahraga dan filosofi yang berakar dari Jepang. Dalam Bahasa Jepang, Judo berarti "cara halus" yang dikembangkan dari seni bela diri kuno Jujitsu. Ini merupakan seni pertarungan tangan kosong para ksatria samurai kuno. Pemain judo disebut judoka atau pejudo.

Di Indonesia, judo bernaung di bawah PJSI (Persatuan Judo Seluruh Indonesia).

Panahan

clip_image028

Panahan atau memanah adalah suatu kegiatan menggunakan busur untuk menembakkan anak panah. Awalnya, busur ini digunakan untuk berburu kemudian berkembang menjadi senjata dalam pertempuran. Kemudian panahan digunakan sebagai olahraga ketepatan.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan sebuah busur saat ini adalah aerospace aluminium dan carbon fiber. Anak  panah terbuat dari aluminium dan carbon. Dengan menggunakan bahan tersebut, sebuah anak panah dapat melesat mencapai kecepatan 240 km/jam.

Nomor yang dilombakan:

Jarak Jauh:

90m, 70 m (Putra)

70m, 60m (Putri)

Jarak Dekat:

50m, 30m (Putra dan Putri)

Tinju (Boxing)

clip_image030

Tinju adalah kombinasi olahraga dan beladiri yang menampilkan dua orang atlet. Mereka memiliki berat sama bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju dalam rangkaian pertandingan berinterval tiga menit yang disebut "ronde". Di Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan sambil berupaya mendaratkan pukulan ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan badan, pinggang ke atas yang sah dari lawan. Biasanya, pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang dimainkan akan dinyatakan sebagai pemenang.

Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (Knockout atau KO). Atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan catatan pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

Hoki

clip_image032

Federasi Hoki Indonesia (FHI) bakal mengupayakan kejuaraan hoki pengganti SEA Games menyusul tidak dipertandingkannya cabang tersebut di SEA Games XXVI/2011 di Indonesia (Jakarta-Palembang).
"Kami sudah mengkomunikasikan dengan negara-negara Asean dan mereka sangat setuju. Kejuaraan hoki pengganti SEA Games ini juga akan diupayakan bisa digelar di Indonesia bersamaan dengan pelaksanaan SEA Games 2011," kata Ketua Umum FHI, Erizal Ashar seusai pelantikan kepengurusan FHI periode 2010-2014 oleh Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Kamis, (3/3/2011).
FHI juga seperti dikatakan Erizal akan memprakarsai pembentukan organisasi hoki Asia Tenggara. Sampai saat ini sudah tujuh negara yang memiliki organisasi hoki yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand dan Myanmar.
FHI itu sendiri merupakan organisasi pengganti PHSI (Persatuan Hoki Seluruh Indonesia) yang dibekukan KONI pada tahun 2004 lalu.
PHSI terpaksa dibekukan karena terjadi kemelut berkempanjangan menyusul mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Raj Kumar Singh. Raj Kumar Singh menjadi Ketua Umum PB.PHSI sejak tahun 1985 dan menjalankan organisasi hoki ini secara otoriter.
Menurut Erizal, langkah pertama FHI adalah konsolidasi organisasi dengan memberdayakan pengurus provinsi (pengrov). FHI kini sudah memiliki 19 pengprov dan diharapkan dalam empat tahun masa kepengurusan FHI, sudah mencakup seluruh provinsi.
FHI dikatakan Erizal akan menghidupkan pembinaan di kalangan kampus karena hoki ini digemari mahasiswa.

 

Sepatu Roda

clip_image034

Cabang sepatu roda kembali mengibarkan bendera Merah Putih di posisi tertinggi. Dua emas tambahan dipersembahkan sepatu roda nomor 1.500 meter sprint putra dan putri, pagi ini, Minggu 13 November 2011.
Atlet Johanes Wihardja menjadi yang terbaik pada nomor 1.500 meter sprint putra. Dengan catatan waktu 2 menit 31,277 detik, atlet asal Riau tersebut berhasil unggul atas rekan senegaranya, Nico Jitasabha (2 menit 31,418 detik) yang meraih perak. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Thailand, Natthapong Chansiri, dengan catatan waktu 2 menit 33,633 detik.
Sukses Indonesia pagi ini semakin lengkap setelah sebelumnya di nomor 1.500 meter putri, Sylvia sukses merebut medali emas dengan catatan waktu 2 menit 52,789 detik.

Medali perak diraih atlet Indonesia lainnya, Anindya Wening Melati dengan 2 menit 53,019 detik. Medali perunggu jatuh ke tangan atlet Singapura, Rui Jun Rebecca Chew, dengan torehan waktu 3 menit 15,632 detik.
"Bangga sekali Indonesia bisa berkibar. Sepatu roda memang cabang baru, tapi kami bisa memberikan banyak emas dan mudah-mudahan masih akan banyak lagi emas yang bisa kami sumbangkan," ujar Sylvia.
Hingga kini, cabang sepatu roda sukses meraih 6 emas atau sudah memenuhi target yang telah ditentukan Satlak Prima. Namun, sepatu roda berpeluang besar melebihi target tersebut. Nanti sore, wakil Indonesia kembali akan bertanding pada nomor 3.000 meter relay track, baik putra maupun putri.

 

Futsal

clip_image036

Mantan pemain timnas sepak bola Indonesia, Ricky Yakobi, menilai peluang cabang olahraga futsal meraih medali emas pada SEA Games 2011 lebih besar dibandingkan dengan sepak bola.

"Prestasi timnas futsal dari tahun ke tahun terus meningkat. Apalagi SEA Games nanti digelar di Tanah Air," katanya di sela "technical meeting" Liga Futsal Indonesia di Kantor Badan Futsal Nasional (BFN) Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, peluang untuk merebut medali emas memang cukup terbuka. Selain SEA Games berlangsung di Tanah Air, 11-22 November nanti, pemain futsal yang muncul saat ini cukup banyak dan memiliki kemampuan lebih.

Dengan kondisi itu, kata dia, tinggal bagaimana jajaran pelatih menyiapkan tim terbaiknya. Apalagi pihaknya juga mendukung penuh dalam pembinaan maupun "sponsorship" untuk Liga Futsal Indonesia.

"Kami telah lama bekerja sama dengan BFN. Selama ini kami konsentrasi dalam mendukung sepak bola dan futsal. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk mendukung cabang olahraga lain seperti bulutangkis," papar Manajer Pemasaran Dalam Negeri Specs itu.

Specs merupakan perusahaan peralatan olahraga. Selama ini telah menjadi klub-klub besar sepak bola seperti Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. Khusus untuk futsal, juga telah mensponsori beberapa klub, termasuk kompetisinya.

Sementara itu, Sekretaris BFN Fried Rudi mengatakan, prestasi timnas futsal Indonesia di SEA Games memang cukup bagus. Pada SEA Games 2007 di Thailand mampu merebut medali perunggu.

"Untuk SEA Games 2009 di Laos cabang futsal tidak dipertandingkan dan di SEA Games 2011 dipertandingkan lagi. Ini kesempatan kita merebut yang terbaik," ujarnya saat dikonfirmasi.

Selain berprestasi di SEA Games, timnas futsal juga mampu menjadi yang terbaik pada turnamen Piala AFF 2010. Vernart Hutabarat dkk mampu menjadi juara setelah mengalahkan Malaysia 5-0 di Vietnam.

 

Bridge

clip_image038

Bridge adalah permainan kartu dimana pesertanya empat pemain yang saling duduk berhadapan. Permainan ini terdiri dari lelang diikuti oleh permainan kartu. Peraturan permainan ini cukup ringkas yang mirip dengan permainan kartu lainnya.

Lelang berakhir dengan sebuah kontrak, kecuali bila kartu di tangan dilewati. Sebuah kontrak adalah pernyataan oleh salah satu partner bahwa pihak mereka akan mengambil sejumlah (atau lebih) trik. Lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, the strain of trump dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan. Turnamen bridge biasanya diatur untuk memaksimalkan penggunaan kecakapan dalam satu tim dan meminimalkan pengaruh keberuntungan.

Golf

clip_image040

Tim Golf Indonesia yang diterjunkan dalam SEA Games XXVI 2011, bertekad meraih emas untuk memperbaiki prestasi buruk, pada beberapa kali Pesta Olahraga Asia Tenggara sebelumnya.
"Prestasi tim golf Indonesia pada beberapa SEA Games kurang menggembirakan. Pada SEA Games XXV di Laos, kita hanya meraih medali perunggu," kata Dian Mariyun, panitia pertandingan Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang juga Panpel Golf SEA Games 2011 di Bogor, Senin.
Menurut Dian Mariyun, golf Indonesia menghadapi persaingan ketat dari negara-negara peserta SEA Games lainnya. Pasalnya peta kekuatan berimbang.
Dari 11 negara peserta SEA Games 2011, sembilan negara mengirimkan atlet-atletnya pada cabang golf, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Dua negara lainnya, yaitu Brunei, dan Timor Leste, tidak mengirimkan utusannya.
Masing-masing negara menyertakan dua tim, yaitu putra dan putri. Tim putra beranggotakan empat orang, sedangkan putri tiga orang. Dian mengemukakan, dari sembilan negara yang mengikuti pertandingan golf, Thailand merupakan tim yang paling diperhitungkan dan patut diwaspadai.
Akan tetapi, Dian optimistis Indonesia bakal mampu meningkatkan prestasinya di SEA Games kali ini. Persiapan khusus yang dilakukan tim golf Indonesia melalui pelatnas yang digelar selama delapan bulan, yaitu mulai Maret hingga Oktober 2011, diyakini akan berdampak positif bagi perkembangan atlet-atlet yang diterjunkan di SEA Games.
Lokasi pertandingan Cabang Olahraga Golf SEA Game XXVI dipusatkan di New Course Score Card, Jagorawi Golf and Country Club, Jalan Kranggan, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Indonesia menerjunkan dua tim, yakni putra dan putri. Tim putra berkekuatan empat orang, terdiri dari Ian Andrew, George G, Rinaldi, dan Suprapto. Sedangkan tim putri beranggotakan tiga orang, yaitu Tatian W, Juriah, dan Ika Woro.
Pertandingan golf dimulai sejak Senin dari pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB, dan akan berlangsung hingga Kamis mendatang. Cabang Golf memperebutkan empat medali emas, yakni putra individu, putra beregu, putri individu, dan putri beregu.

 

Cricket

clip_image042

Tim Cricket Indonesia menargetkan merebut medali emas pada babak eksibisi SEA Games XXVI/2011, di Stadion Panahan, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 18-22 November. Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Myanmar, mengaku sudah siap untuk tampil diajang tersebut.

?Meskipun masih baru, namun kami akan melakukan yang terbaik pada SEA Games nanti. Kami berharap dapat meraih medali emas,? kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Cricket Indonesia (PB PCI), James Tangkudung, kepada Bola.net, saat menerima bantuan perlengkapan cricket dari Shyam Bhatia, pengusaha asal Uni Emirat Arab yang merupakan penggiat olahraga cricket, di Jakarta, Selasa (21/6).

Untuk mencapai target tersebut, tim cricket Indonesia akan melakukan latih tanding ke Australia dalam waktu dekat ini. Latih tanding tersebut juga dimaksudkan untuk memantapkan persiapan para pemain sebelum tampil pada SEA Games. ?Apalagi, pada turnamen antarnegara Asia-Pasifik di Vanuatu baru-baru ini, tim kita dapat mengalahkan regu Jepang. Saya pikir ini hasil yang lumayan bagus,? ungkap James.

Sementara itu, terkait mengenai bantuan yang diberikan, awalnya Bhatia mengaku mendapat kabar dari temannya tentang adanya upaya Indonesia untuk mengembangkan cricket. ?Karena itulah, saya tergerak untuk menyumbangkan perlengkapan cricket kepada Indonesia. Bagi saya ini adalah dedikasi, dan saya senang ada orang-orang yang berdedikasi untuk mengembangkan olahraga cricket,? jelas Bhatia.

Bhatia juga menyatakan jika cricket seperti halnya olahraga umumnya mengajarkan disiplin, komitmen, dan pembentukan watak. ?Saya lihat di sini banyak anak-anak yang belajar bermain cricket. Nilai-nilai tersebut sangat cocok untuk pengembangan anak-anak. Dan anak-anak merupakan masa depan sebuah negara,? tambahnya.

Selain membantu Indonesia, Bathia juga membantu pengembangan cricket di sejumlah negara, diantaranya India, Pakistan, Afghanistan, dan Jepang.

Cricket mulai digiatkan kembali di Indonesia medio 2010 dan kini sudah terdapat 14 provinsi yang memiliki tim cricket. Sedangkan daerah yang menonjol prestasi cricketnya yakni Bogor, Tangerang, dan Jakarta.

Upaya memperkenalkan cricket ini menjadi satu di antara program jangka pendek PB PCI. Bantuan peralatan Cricket tersebut, rencananya akan segera didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia yang kini tengah mengembangkan cricket, semisal Bali?

 

Takraw

clip_image044

Sebanyak sembilan negara menyatakan siap mengikuti pertandingan cabang olahraga sepak takraw SEA Games ke-26 pada 11-22 November 2011.
Ketua Umum Pengprov PSTI Sumsel H Hendri Zainuddin di Palembang, Senin, mengatakan, negara yang menyatakan siap mengikuti cabang olahraga sepak takraw tersebut yakni Vietnam, Thailand, Brunei, Laos, Malaysia dan Myanmar.
Selanjutnya Singapura, Filipina dan Indonesia yang juga tuan rumah penyelenggara pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang, kata dia pula.
Menurut dia, semua negara tersebut akan tiba di Palembang dalam waktu dekat ini karena pertandingan cabang olahraga sepak takraw akan dimulai Sabtu (12/11).
Sementara nomor cabang olahraga sepak takraw yang dipertandingan pada pesta olahraga internasional mendatang sebanyak enam masing-masing tiga putra dan putri.
Lebih lanjut dia mengatakan, nomor yang akan dipertandingkan pada pesta olahraga dua tahunan itu yakni tim, beregu dan double.
Sementara pembagian grup cabang olahraga sepak takraw masing-masing untuk tim putra Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand.
Tim putri hanya tiga peserta yang ambil bagian yakni Indonesia yang juga tuan rumah, Myanmar dan Thailand.
Selanjutnya regu putra Indonesia, Brunei, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
Sebelumnya Ketua Umum PB PSTI HM Basri Sidehadi mengatakan, Tim Sepak Takraw Indonesia pada pesta olahraga akbar mendatang menargetkan dua medali emas.
"Medali emas yang akan direbut itu masing-masing dari atlet putra dan putri," kata beliau.

 

Semoga Bermanfaat.

posting: Galery Dimensi
GALERY DIMENSI, Updated at: 12.58

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites